Pendaftaran Perkara

TATA CARA PELAKSANAAN PERMOHONAN PENDAFTARAN PERKARA PERDATA


PELAKSANAAN PENDAFTARAN PERKARA GUGATAN / PERMOHONAN

1. Penggugat/Pemohon atau melalui Kuasa Hukumnya mengajukan gugatan yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Negeri pada Pengadilan Negeri Purworejo di Meja 1 bagian Perdata, dengan beberapa kelengkapan / syarat yang harus dipenuhi :

1) Surat Permohonan / Gugatan beberapa rangkap;

- Untuk Permohonan Rangkap 3.

- Untuk   Gugatan  jika  hanya  ada  1  pihak  Penggugat dan 1 pihak Tergugat maka surat

  Gugat harus 7 rangkap, jumlah tersebut bertambah sesuai pihak yang ada.

2) Surat Kuasa yang sudah didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Purworejo (apabila menggunakan Penasehat Hukum) dibuat Rangkap 3 ;

3) Foto copy Kartu beracara/Advokad ;

4) Jika bukan Pengacara/Penasehat Hukum dengan melampirkan Surat Ijin beracara di Pengadilan Negeri untuk mewakili keluarga (Kuasa Insidentil dari Ketua Pengadilan Negeri) dibuat Rangkap 3 ;

2. Gugatan/Permohonan dan Surat Kuasa Asli diserahkan di Meja I untuk ditaksir panjar biaya perkara yang harus di setor oleh Penggugat/Pemohon ke Bank yang ditunjuk sesuai Penetapan tentang Radius oleh Ketua Pengadilan.

3.  Setelah mendapat gambaran biaya perkara maka Penggugat, Pemohon atau Kuasanya membayar Panjar biaya perkara tersebut ke Bank yang ditunjuk.

4. Selanjutnya Penggugat, Pemohon atau Kuasanya memberikan/menyerahkan Slip setoran Panjar biaya perkara dari Bank ke Kasir untuk dibuatkan SKUM sesuai nominal yang dibayarkan di Bank ke Meja 2 dan SKUM asli diberikan kepada Pemohon/Penggugat/Kuasanya dan tindasan untuk dilampirkan dalam Perkara dan arsip.

5. Selanjutnya perkara tersebut oleh Meja II diterima dan didaftar kemudian diberikan nomor Perkara sesuai prosedur yaitu terlebih dahulu diparaf oleh Panmud,Wapan, kemudian ke Panitera selanjutnya satu tindasan Surat Gugatan/Permohonan diberikan kepada pihak berikut SKUM Asli.

6. Selanjutnya setelah prosedur diatas terlalui maka Surat Gugatan/Permohonan di serahkan ke meja III untuk dibuatkan Penetapan Hakim, dan selanjutnya untuk mempercepat proses maka dilampiri Blangko penetapan Hari Sidang untuk ditetapkan Hakim/Majelis yang ditujnuk ke Ketua PN ( untuk Gugatan ) dan ke Wakil Ketua PN (untuk permohonan).

7. Selanjutnya meja III mendistribusikan ke Panitera/Wapan untuk ditunjuk Panitera Pengganti yang membantu persidangan selanjutnya perkara di distribusikan ke Hakim untuk menetapkan hari persidangan.

8. Selanjutya para pihak menunggu Surat Panggilan sidang dari Pengadilan Negeri Purworejo yang akan disampaikan oleh Juru Sita/Jurusita Pengganti.

9. Menghadiri Sidang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

 

PELAKSANAAN PENDAFTARAN PERKARA BANDING

1. Pemohon atau melalui Kuasa Hukumnya mengajukan permohonan kepada Pengadilan Negeri Purworejo yang dilakukan oleh Meja 1 atau oleh Panitera Muda Perdata dengan beberapa kelengkapan/syarat yang harus dipenuhi :

- Mengajukan permohonan Banding dengan dibuatkan Akte permohonan Banding oleh pemohon Banding;

- Surat Kuasa /Surat Kuasa Insidentil bila belum ada dan jika dalam tingkat pertama telah ada dan telah disebutkan untuk kepentingan semua tingkat kecuali PK maka tidak diperlukan lagi Surat Kuasa/ Insidentil tersebut;

- Foto copy Kartu beracara/Advokad;

2. Pemohon/Penggugat/Kuasanya membayar Panjar biaya perkara banding di Bank yang kemudian di berikan oleh kasir untuk dituangkannya ke dalam SKUM dengan menyimpan bukti asli untuk arsip.

3. Penaksiran biaya tingkat Banding sesuai SEMA atau ketentuan yang berlaku dengan dihitung,

      Biaya  pemberitahun  pernyataan  Banding,  Penyerahan  Memori Banding, Penyerahan kontra

      memori Banding, Biaya Inzage, biaya Pengiriman, Biaya Pendaftaran.

4. Mencatat biaya perkara dari buku jurnal ke dalam Buku Induk Keuangan Perkara.

5. Menerima tanda bukti penerimaan Surat Permohonan dari Meja 3.

6. Menunggu Surat Pemberitahuan Pemeriksaan Berkas  (Inzage),  Pemohon   diberikan   jangka

      waktu 14 hari untuk datang ke Pengadilan Negeri setempat untuk mempelajari berkas.

7. Menunggu Surat Pemberitahuan Kontra Memori Banding dan salinan Kontra Memori Banding.

8. Menunggu kutipan  putusan  dari  Pengadilan  Tinggi  yang   akan  disampikan  oleh  Juru  Sita

      Pengganti.

 

PELAKSANAAN PENDAFTARAN PERKARA KASASI

  1. Pemohon atau melalui Kuasa Hukumnya mengajukan permohonan kepada Pengadilan Negeri Purworejo di Meja I atau Panitera Muda Perdata dengan beberapa kelengkapan/syarat yang harus dipenuhi :

a. Surat Permohonan Kasasi;

b. Surat Kuasa yang sudah dilegalisir (apabila menggunakan Advokat);

c. Foto copy Kartu beracara/Advokad;

d. Memori Kasasi

  1. Pemohon / Kuasanya membayar biaya gugatan di Bank yang kemudian diberikan kepada kasir untuk dituangkan ke dalam SKUM dan menyimpan bukti asli untuk arsip ;
  2. Menerima tanda bukti penerimaan Surat Permohonan dari Meja 3.
  3. Menunggu Surat Pemberitahuan Pemeriksaan Berkas (Inzage), Pemohon diberikan jangka waktu 14 hari untuk datang ke Pengadilan Negeri setempat untuk mempelajari berkas.
  4. Menunggu Surat Pemberitahuan Kontra Memori Kasasi dan salinan Kontra Memori Kasasi.
  5. Menunggu kutipan putusan dari Mahkamah Agung yang akan disampaikan oleh Juru Sita Pengganti.