HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Purworejo

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Purworejo

Articles in Category: Kegiatan Pengadilan

Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM di Bidang Teknologi Informasi dan Pelayanan Publik Pengadilan Negeri Purworejo

on Senin, 13 Mei 2019. Posted in Kegiatan Pengadilan

Pengadilan Negeri (Purworejo, 10/05/2019) Pengadilan Negeri Purworejo terus berkomitmen mengembangkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia baik para Hakim, ASN dan PPNPN lingkup Pengadilan Negeri Purworejo.

Melalui  “Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM di Bidang Teknologi Informasi dan Pelayanan Publik”,  yang diselenggarakan pada Jum'at (10/05/2019) di Aula Pengadilan Negeri Purworejo, telah dilaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas bagi  para Hakim, ASN dan PPNPN Pengadilan Negeri Purworejo.

“Peningkatan kapasitas perlu dilakukan terus menerus untuk me-refresh pemahaman para pengelola Teknologi Informasi, dimana sekarang semua pegawai pemerintah, Khususnya Pegawai Pengadilan Negeri Purworejo dituntut untuk dapat mengoperasikan sesuatu yang berhubungan dengan Teknologi Informasi termasuk dapat melayani publik dengan baik dan profesional.



Pada kesempatan tersebut  Sutarno, SH., M.Hum. KPN Purworejo dalam sambutannya menyampaikan bahwa peranan sumber daya manusia dalam organisasi sangat penting. Seiring tuntutan teknologi dan persaingan global, maka kompetensi sumber daya manusia dalam organisasi harus dioptimalkan.  Diharapkan agar SDM berkompeten mampu membawa keberhasilan pribadinya pada peningkatan kinerja organisasi. “Pengembangan manusia dalam organisasi memberikan kualitas dan kemampuan kerja yang akan berdampak peningkatan kinerja organisasi,”

Hadir dalam kesempatan tersebut, narasumber dari pembelajar Politeknik Sawunggalih Aji Kutoarjo menerangkan bahwa Infrastruktur Teknologi adalah pondasi atau sebuah kerangka yang mendukung, suatu sistem dalam sebuah komputasi dan infrastuktur. Teknologi informasi terdiri dari sumber daya fisik dan virtual yang akan mendukung arus penyimpanan, pengolahan dan analisis data.


Infrastruktur teknologi sendiri sudah dapat dipusatkan ke sebuah data center yang dapat dikendalikan lebih dari seorang contoh nya seperti fasilitas colocation atau penyedia cloud.

Komponen Infrastruktur Teknologi Informasi
Infrastruktur perangkat keras pada data center biasanya akan melibatkan

  •         Server
  •         Subsistem penyimpanan
  •         Perangkat jaringan, seperti switch, router dan kabel fisik
  •         Dan peralatan jaringan khusus, seperti firewall

Infrastruktur data center juga akan memerlukan suatu pertimbangan infrastruktur keamanan teknologi informasi secara hati-hati, dan ini bisa termasuk kemanan fisik untuk bangunan seperti entri kunci elektronik, video konstan dan pengawasan manusia terhadap suatu tempat, akses yang dikendalikan dengan sangat hati-hati ke personil yang berwenang yang dapat mengakses sebuah infrastruktur hardware data center dan akan mengurangi potensi bahaya suatu perusahaan atau pencurian data.

Di luar data center adalah infrastruktur internet, yang mencangkup media transmisi:

  •         Kabel serat optik
  •         Satelit
  •         Router
  •         Agregator
  •         Dll

Sebuah infrastruktur internet dirancang dibangun, dan dijalakan oleh sebuah penyedia layanan internet (ISP). Dan ketika sebuah bisnis melibatkan ISP untuk akses  internet ISP, biasa nya akan terhubung ke sebuah infrastruktur data center disebuah ruangan bangunan.

Jenis Infrastruktur Teknologi Informasi
Seiring sebuah perusahaan dengan keutuhan bisnis dan kemajuan teknologi yang ada, organisasi dapat menggunakan beragam tipe infrastruktur dengan data center yang lebih sangat beragam untuk memenuhi suatu kebutuhan bisnis. Dan sementara jenis infrastruktur ini tidak harus saling eksklusif namun sangat jarang dibahas.

Infrastruktur teknologi informasi yang tidak berubah adalah pendekatan untuk mengelolah sebuah pelayanan perangkat lunak pada sumber daya IT dimana kompenen dapat diganti tetapi bukan diubah. Aplikasi atau layanan secara efektif dipindah tangankan setiap terjadi sebuah perubahan contohnya patch atau hotfix.

Infrastruktur teknologi informasi yang dapat digabung adalah kerangka kerja yang memerlukan sebuah daya komputasi fisik, penyimpanan dan sebuah jaringan sebagai layanan sumber daya yang dapat dikumpulkan secara logis, sehingga admin tidak perlu mengkonfirmasi perangkat keras secara fisik untuk mendukung perangkat lunak tertentu.

Transformasi Digital dan Infrastruktur Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi sudah membawa kita pada suatu era perubahan transformasi teknologi informasi. Dalam suatu proses, transformasi digital memerlukan transformasi infrastruktur IT pada suatu tahapan awal. Infrastruktur teknologi informasi harus sesuai dengan tujuan bisnis contoh nya dalam hal menjalankan sebuah bisnis transformasi digital.

Transformasi IT dapat mencangkup pada pengunaan layanan hybrid cloud, pencadangan dan sebuah rangakaian subset lainnya yang dapat di tunjukan untuk memberikan fleksibel, efesien dan kehandalan.

Pemanfaatan Teknologi Informasi
Saat ini kebutuhan teknologi informasi tidak dapat lagi dipisahkan dari kehidupan masyarakat sekarang, terutama untuk masyarakat yang tinggal diperkotaan tak terkecuali indonesia, untuk saat ini perkembanngan teknologi informasi di indonesia sedang dalam perkembangan untuk menjadi masyarakat yang berorientasi dalam digital. Meningkatkan pembangunan dalam infrastruktur jaringan dalam mendorong masyarakat yang dapat dengan mudah untuk mencoba untuk sebuah aplikasi konten digital baru yang tersedia.

Tak hanya perkembangan teknologi dalam sebuah komunikasi, pergeseran masyarakat menjadi lebih mengerti tentang perkembangan teknologi, tujuan aplikasi-aplikasi ini hadir hanya untuk memenuhi keperluan gaya hidup masyarakat yang hidup di perkotaan. Perubahan  kebiasaan masyarakat juga dapat terlihat dalam hal untuk mendapatkan informasi sehari-hari dengan ada nya perkembangan teknologi yang terstruktur juga terlihat dengan adanya transformasi digital di sektor masyarakat.

Manfaat Dari Teknologi Informasi
Teknologi informasi pemanfaatan nya secara umum adalah :

  •         Terbukanya peluang bisnis baru secara alami
  •         Terciptanya suatu lapangan kerja baru
  •         Terciptanya peningkatan suatu pelayanan informasi dari jarak jauh dalam hal bidang kesehatan

Dan berbagai manfaat lain nya dari teknologi informasi, semakin maju perkembangan teknologi informasi akan menjadi sebuah tuntutan untuk masyarakat baik yang tinggal di perkotaan atau tinggal di pedesaan untuk mengikuti perrubahaan dari perkembangan teknologi yang semakin lama semakin maju yang bertujuan untuk membuahkan sebuah hasil yang dapat menciptakan sebuah hasil kinerja terbaru.

Selian itu dipelajari tentang dasar-dasar pokok pengelolaan office word 2010 dan office excel 2010, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pretest dan posttest  seluruh peserta sangat antusias mengikuti Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM di Bidang Teknologi dan Pelayanan Publik tersebut, dalam akhir acara dibagikan doorprize untuk 6 peserta yang nilainya terbaik.

Diakhir acara KPN Purworejo mengucapkan terimakasih dan dukungannya atas dilaksanakan Kegiatan tersebut, semoga bermanfaat untuk peningkatan SDM pada Kantor Pengadilan Negeri Purworejo.

Rapat Kerja Periode April 2019 Pada Satuan Kerja Pengadilan Negeri Purworejo

on Selasa, 30 April 2019. Posted in Kegiatan Pengadilan

Humas-Purworejo,  Hari/Tanggal Kamis, 25 April 2019 bertempat diruang Aula Pengadilan Negeri Purworejo kurang lebih pukul 08.30 Wib, Rapat dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Purworejo Bpk. Sutarno, S.H., M.Hum. , WKPN Purworejo    Bpk. Mardison, S.H. , Panitera PN Purworejo Bpk. Sapdani Sasmita, S.H., M.H.,  Sekretaris PN Purworejo Bpk. Sutaryo, Para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai ASN dan Honorer.

Tujuan Rapat untuk mengevaluasi kinerja selama satu bulan ini, dalam penjelasan Ketua Pengadilan Negeri Puworejo menyampaikan pada tanggal 30 April 2019 akan ada BAWAS dari Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, maka diharapkan seluruh karyawan dapat menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan Pengadilan Negeri Purworejo terutama ruangan masing-masing dan diharapkan Hakim Pengawas dapat terjun ke lapangan untuk meninjau langsung, bahwa Pengadilan Negeri Purworejo sedang diusulkan e-register maka diharapkan seluruh karyawan dapat menjaga hubungan kerja antar bagian agar berjalan secara harmonis dan berkesinambungan. Mengingat semakin berkembangnya teknologi dan informasi maka diharapkan agar bagian IT dan Hakim Pengawas IT dapat mengadakan pelatihan pemrogaman untuk para karyawan di lingkungan Pengadilan Negeri Purworejo. Mohon materi tentang kepemimpinan, kapita selekta diharapkan semua karyawan dapat membaca dan menerapkannya.



Dalam hal ini Wakil Ketua Pengadilan Negeri Purworejo menambahkan untuk seluruh karyawan dapat menjaga kebersihan ruangan masing-masing, dan absen tepat waktu denga adanya Bawas dari Pengadilan Tinggi maka diharapkan Dokumen-dokumen ZI, RB, APM jika masih ada kekurangan harap segera diselesaikan, Laporan triwulan Hakim Pengawas diharapkan agar segera diselesaikan deadline paling lambat hari Jumat tanggal 26 April 2019, Diharapkan seluruh karyawan agar selalu bersiap karena tim ZI bisa datang kapan saja ke Pengadilan, Agar semua karyawan bekerja jangan dibawah tekanan dan jangan terburu-buru dalam menyelesaikan tugas, yang terpenting tugas terselesaikan tepat pada waktunya, jangan menuda-nunda pekerjaan, Terkait dengan adanya perkembangan IT dan transparansi penanganan perkara di lingkungan Mahkamah Agung, maka diharapkan seluruh karyawan harus bersiap dengan perubahan yang ada, Diharapkan seluruh karyawan mau belajar untuk mengikuti perkembangan teknologi dan IT, Terkait dengan SIPP beberapa penyelesaian perkara yang masih miss, PP diharapkan agar memperhatikan notification yang muncul, Bahwa Bapak Ketua dan Wakil Pengadilan sudah mengingatkan agar PP dapat menyelesaikan dengan berpedoman pada Buku II, yang belum diminutasi segera diselesaikan, Terkait dengan PPK bagian perdata kwitansi harus jelas.

Selain itu Hakim Pengawas Bidang Perencanaan Teknologi Informasi dan Pelaporan Bpk. Samsumar Hidayat, S.H. penyampaian materi terkait dengan sosialisasi SIPP tingkat banding versi 32.0 di Pengadilan Tinggi Jawa, antara lain :

  • Bapak Ketua, Wakil Ketua Pengadilan, Hakim Pengawas diharapkan dapat mengawasi jalannya SIPP;
  • Petugas IT dapat mengawasi kelancaran akses SIPP;
  • Tujuan diadakannya SIPP tingkat banding ini yaitu agar Pengadilan Tinggi dapat melihat langsung SIPP di tingkat PN, sehingga antara PN dan PT sudah tersinkronisasi;
  • Untuk kedepannya SIPP ini akan dikembangkan sehingga terintegrasi dengan Penyidik, Penuntut Umum, dan Kemenkumham;
  • KMA juga dapat mengontrol langsung tunggakan-tunggakan perkara di Pengadilan;
  • Bahwa terkait dengan penyelesaian perkara ini berkaitan dengan penilaian ZI, jika penyelesaian perkara tahun ini lebih kecil dari  penyelesaian perkara tahun sebelumnya maka ZI di Pengadilan tersebut akan ditinjau ulang;
  • Bahwa berakhirnya penginputan di SIPP yaitu pada jam 24.00 waktu setempat setiap harinya;
  • Bahwa fitur-fitur yang ada di SIPP mengacu pada Buku II, PERMA, SEMA sehingga agar semua pengguna SIPP mematuhi notifikasi yang miss;
  • Bahwa penyelesaian perkara agar segera diselesaikan, jangan ditunda-tunda, jika terpaksa ada yang melebihi batas waktu maka segera dilaporka ke PT;
  • Bahwa kedepannya pemohon Surat Keterangan bisa dimintakan secara online dengan cara Pemohon Suket mengupload dokumen-dokumen persayaratan;
  • Bahwa kedepannya direncanakan Hakim tidak hanya menulis amar putusan di SIPP, tetapi juga Pertimbangan Hukumnya, hal ini bertujuan untuk agar masyarakat mengetahui sinkronisasi antara pertimbangan hukum dengan amar putusan.
  • Bahwa pada bulan Mei 2019 ada pengadaan laptop untuk Hakim sebanyak 2 unit;
  • Web sudah berjalan normal kembali setelah sebelumnya dihack;
  • IKM sudah terintegrasi;
  • Touch screen antrian nomor di PTSP belum diaktifkan, secepatnya akan diperbaiki;
  • Bahwa akan diadakan pelatihan Office tingkat dasar, pengoperasian SIPP untuk karyawan Pengadilan Purworejo;
  • Bahwa terkait dengan jadwal sidang akan ditampilkan di halaman depan web PN Purworejo;
  • Bahwa dulunya JDIH Purworejo sudah ada, tetapi dikarenakan keterbatasan hardisk maka untuk saat ini akan diperbarui lagi;
  • Bahwa perpustakaan online sedang dinonaktifkan karena terkena hack;
  • Bahwa diharapkan kedepannya petugas PTSP diadakan pelatihan dengan mitra agar lebih berkualitas terhadap pelayanannya.

    Kemudian Rapat ditutup pada pukul 10.30 WIB dengan ucapan salam oleh Bpk. Mardison, S.H. (WKPN Purworejo).