Selamat datang di situs resmi Pengadilan Negeri Purworejo   Click to listen highlighted text! Selamat datang di situs resmi Pengadilan Negeri Purworejo Powered By GSpeech

Articles in Category: Berita

Upacara Peringatan 90 Tahun Hari Sumpah Pemuda Tahun 2018 Di Pengadilan Negeri Purworejo

on Monday, 29 October 2018. Posted in Berita

Humas-Purworejo, Senin, 29 Oktober 2018, bertempat dihalaman kantor Pengadilan Negeri Purworejo, Seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Purworejo memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018, dalam tema “Bangun Pemuda, Satukan Indonesia”, upacara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB tampak peserta begitu khidmat mengikutinya.

Hari sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya tapi berdasarkan Surat Sekretaris Mahkamah Agung Nomor : 1325/SEK/HM.01.2/10/2018 tanggal 25 Oktober 2018 yang menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor : 10.15.1/MENPORA/DII/X/2018 Tanggal 15 Oktober 2018, upacara tahun ini dilaksanakan hari Senin tanggal 29 Oktober 2018.

Setelah Pengibaran Bendera Merah Putih dan diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dalam Upacara Peringatan 90 Tahun Hari Sumpah Pemuda tersebut, dibacakan Pancasila, Undang–Undang Dasar Tahun 1945, serta Keputusan Kongres Pemuda Tahun 1928. Pembina Upacara kali ini adalah Wakil Ketua Pengadilan Negeri Purworejo Bp. Mardison, SH. dalam amanatnya membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Selanjutnya pembacaan Do’a sebelum upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2018 selesai dan seluruh peserta Upacara kembali melaksanakan aktifitas bekerja seperti biasa.

Sosialisasi Perma Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Administrasi Perkara Di Pengadilan Secara Elektronik Dan Simulasi Sistem E-Court, Pengadilan Negeri Purworejo Kerjasama Dengan Organisasi Advokat Di Purworejo

on Friday, 26 October 2018. Posted in Berita

 

Humas-Purworejo, pada hari Rabu tanggal 24 Oktober 2018 pada pukul 09.00 WIB di Ruang Sidang Cakra Gedung Pengadilan Negeri Purworejo dilaksanakan Sosialisasi Perma Nomor 3 tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik dan Simulasi Sistem e-court,  Pengadilan Negeri Purworejo kerjasama dengan 4 (empat) Organisasi Advokat di Purworejo.  Acara sosialisasi ini diawali dengan sambutan dari Ketua Pengadilan Negeri Purworejo Bapak Sutarno, SH., M.Hum. dan dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Purworejo, Hakim Pengadilan Negeri Purworejo, Panitera Pengadilan Negeri Purworejo, Sekretaris Pengadilan Negeri Purworejo, serta seluruh peserta dari para Advokat di Purworejo.

 

Bapak Sutarno, SH., M.Hum. dalam sambutannya menerangkan bahwa E-Court merupakan bentuk reformasi Mahkamah Agung RI di bidang teknologi informasi dalam sistem peradilan. Sebelumnya Mahkamah Agung RI telah mengeluarkan PERMA Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik. PERMA tersebut memberikan payung hukum bagi implementasi aplikasi e-Court. PERMA Nomor 3 Tahun 2018 sudah memungkinkan pengiriman berkas yang tidak hanya terbatas pada berkas permohonan dan gugatan, namun juga terhadap surat jawaban berupa replik, duplik, dan kesimpulan serta digunakan untuk pemanggilan secara elektronik. Sedangkan untuk proses pembuktian masih harus dilakukan dengan sistem konvensional atau manual, melalui persidangan langsung dihadapan hakim.

 

Didalam program e-Court meliputi :

 

1. e-Filing (Pendaftaran Perkara Online di Pengadilan).

 Pendaftaran perkara online dilakukan setelah terdaftar sebagai pengguna terdaftar dengan memilih Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, atau Pengadilan TUN yang sudah aktif melakukan pelayanan e-Court. Semua berkas pendaftaran dikirim secara elektronik melalui aplikasi e-Court Makamah Agung RI.

 Advokat yang sudah terdaftar sebagai Pengguna Terdaftar dapat beracara di seluruh Pengadilan yang sudah aktif dalam pemilihan saat mau mendaftar perkara baru. Pengadilan yang melaksanakan e-Court dilakukan secara bertahap sehingga Pengadilan yang tidak ada dalam daftar, akan menyusul setelah adanya kesiapan.

  2.    e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online).

 Dengan melakukan pendaftaran perkara online melalui e-Court, Pendaftar akan secara otomatis mendapatkan Taksiran Panjar Biaya (e-SKUM) dan Nomor Pembayaran (Virtual Account) yang dapat dibayarkan melalui saluran elektronik (Multi Channel) yang tersedia, hingga kemudian memperoleh nomor perkara.

 

3.  e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online).

 

Dalam hal pendaftaran perkara Online, saat ini baru dapat dilakukan oleh Advokat. Pengguna terdaftar harus mendaftarkan diri di website https://ecourt.mahkamahagung.go.id, melalui mekanisme validasi Advokat oleh Pengadilan Tinggi tempat dimana Advokat disumpah, sedangkan pendaftaran dari Perseorangan atau Badan Hukum akan diatur lebih lanjut.

 

Semoga dengan berjalannya aplikasi e-Court ini yang merupakan salah satu produk unggulan dari Mahkamah Agung RI, dapat semakin mempermudah para pencari keadilan di wilayah hukum Pengadilan Negeri Purworejo untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal serta untuk mewujudkan suatu mekanisme kinerja yang transparan dan bertanggung jawab.

 

Selanjutnya acara sosialisasi E-Court ini diisi dengan materi yang di berikan oleh IT dari Pengadilan Negeri Purworejo mengenai pendaftaran sampai mendapatkan nomor perkara.

 

Acara sosialisasi E-Court diakhiri dengan foto bersama (Sumber : Humas Pengadilan Negeri Purworejo)

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech