HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

 

 

Lembar Kerja Evaluasi (LKE) Zona Integritas (ZI)

 

LEMBAR KERJA ELEKTRONIK EVALUASI ZONA INTEGRITAS (ZI) MENUJU WBK/WBBM

 
 

SATUAN KERJA : PENGADILAN NEGERI PURWOREJO

 

tahun : 2021

 

PENILAIAN

Bobot

Jawaban

Nilai

%

Keterangan

Catatan Evaluator

 

A.

PROSES (60)

60,0

 

59,66

99,43%

 

 

 

 

I.

MANAJEMEN PERUBAHAN

8,0

 

8,00

100,00%

 

 

 

 

 

1

Tim Kerja (1)

1,0

 

1,00

100,00%

 

 

 

     

a.

Apakah unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas ?

 

YA

1

 

SK Tim Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri Purworejo Kelas I B

   
     

b.

Apakah penentuan anggota Tim selain pimpinan dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas ?

 

A

1

 

BA dan Rapat Pembentukan Tim Zona Integritas Pengadilan Negeri Purworejo Kelas I B

   

 

 

2

Rencana Pembangunan Zona Integritas (2)

2,0

 

2,00

100,00%

 

 

 

     

a.

Apakah ada dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM ?

 

YA

1

 

Dokumen Rencana Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri Purworejo Kelas I B

   
     

b.

Apakah dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM?

 

A

1

 

Dokumen Pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM

   
     

c.

Apakah terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM ?

 

A

1

 

Dokumen mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM

   

 

 

3

Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM (2)

2,0

 

2,00

100,00%

 

 

 

     

a.

Apakah seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana ?

 

A

1

 

Dokumen kegiatan pembangunan Zona Intergitas

   
     

b.

Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas

 

A

1

 

Dokumen monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas

   
     

c.

Apakah hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti ?

 

A

1

 

Dokumen Monitoring dan Evaluasi tindaklanjuti Zona Integritas

   

 

 

4

Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja (3)

3,0

 

3,00

100,00%

 

 

 

     

a.

Apakah pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM ?

 

YA

1

 

Dokumen Pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM

   
     

b.

Apakah sudah ditetapkan agen perubahan ?

 

A

1

 

Dokumen Agen Perubahan

   
     

c.

Apakah telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi?

 

A

1

 

Dokumen budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi

   
     

d.

Apakah anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM?

 

A

1

 

Dokumen anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM

   

 

II.

PENATAAN TATALAKSANA

7,0

 

7,00

100,00%

 

 

 

 

 

1

Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama (2)

2,0

 

2,00

100,00%

 

 

 

     

a.

Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi

 

A

1

 

Dokumen SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi

   
     

b.

Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan

 

A

1

 

Dokumen Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan

   
     

c.

Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi

 

A

1

 

Dokumen Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi

   

 

 

2

E-Office (4)

4,0

 

4,00

100,00%

 

 

 

     

a.

Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi?

 

A

1

 

Dokumen sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi

   
     

b.

Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi?

 

A

1

 

Dokumen operasionalisasi manajemen SDM

   
     

c.

Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi?

 

A

1

 

Dokumen pemberian pelayanan kepada publik

   
     

d.

Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik?

 

A

1

 

Dokumen monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi

   

 

 

3

Keterbukaan Informasi Publik (1)

1,0

 

1,00

100,00%

 

 

 

     

a.

a. Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan

 

A

1

 

Dokumen keterbukaan informasi publik

   
     

b.

b. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik

 

A

1

 

Dokumen monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik

   

 

III.

PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM

10,0

 

9,66

96,60%

 

 

 

 

 

1

Perencanaan Kebutuhan Pegawai Sesuai Dengan Kebutuhan Organisasi (0,5)

0,5

 

0,44

89,00%

 

 

 

     

a.

a. Apakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan?

 

YA

1

 

Dokumen kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja

   
     

b.

b. Apakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan?

 

B

0,67

 

Dokumen penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai

   
     

c.

c. Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja?

 

YA

1

 

Dokumen onitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi

   

 

 

2

Pola Mutasi Internal (1)

1,0

 

1,00

100,00%

 

 

 

     

a.

a. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan?

 

YA

1

 

Dokumen pengembangan karier pegawai

   
     

b.

b. Apakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan?

 

A

1

 

Dokumen mutasi pegawai antar jabatan

   
     

c.

c. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja?

 

YA

1

 

Dokumen monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi

   

 

 

3

Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi (2,5)

2,5

 

2,22

89,00%

 

 

 

     

a.

a. Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi ?

 

YA

1

 

Dokumen Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi

   
     

b.

b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai?

 

B

0,67

 

Dokumen rencana pengembangan kompetensi pegawai

   
     

c.

c. Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan

 

B

0,67

 

Dokumen persentase kesenjangan kompetensi pegawai

   
     

d.

d. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya.

 

A

1

 

Dokumen kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi

   
     

e.

e. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll) ?

 

A

1

 

Dokumen kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi

   
     

f.

f. Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja?

 

A

1

 

Dokumen monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi

   

 

 

4

Penetapan Kinerja Individu (4)

4,0

 

4,00

100,00%

 

 

 

     

a.

a. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi

 

A

1

 

Dokumen penetapan kinerja individu

   
     

b.

b. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya

 

A

1

 

Dokumen ukuran kinerja individu

   
     

c.

c. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik

 

A

1

 

Dokumen pengukuran kinerja individu secara periodik

   
     

d.

d. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll).

 

YA

1

 

Dokumen hasil penilaian kinerja individu

   

 

 

5

Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai (1,5)

1,5

 

1,50

100,00%

 

 

 

     

a.

a. Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan

 

A

1

 

Dokumen aturan disiplin/kode etik/kode perilaku

   

 

 

6

Sistem Informasi Kepegawaian (0,5)

0,5

 

0,50

100,00%

 

 

 

     

a.

a. Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala.

 

A

1

 

Dokumen data informasi kepegawaian

   

 

IV.

PENGUATAN AKUNTABILITAS

10,0

 

10,00

100,00%

 

 

 

 

 

1

Keterlibatan Pimpinan (5)

5,0

 

5,00

100,00%

 

 

 

     

a.

a. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan

 

A

1

 

Dokumen pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan

   
     

b.

b. Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja

 

A

1

 

Dokumen pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja

   
     

c.

c. Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala

 

A

1

 

Dokumen pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala

   

 

 

2

Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja (5)

5,0

 

5,00

100,00%

 

 

 

     

a.

a. Apakah dokumen perencanaan sudah ada

 

YA

1

 

Dokumen perencanaan

   
     

b.

b. Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil

 

YA

1

 

Dokumen perencanaan telah berorientasi hasil

   
     

c.

c. Apakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU)

 

YA

1

 

Dokumen Indikator Kinerja Utama (IKU)

   
     

d.

d. Apakah indikator kinerja telah SMART (Specifik, Measureable, Achievable, Relevant and Time)

 

A

1

 

Indikator kinerja telah SMART

   
     

e.

e. Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu

 

YA

1

 

Dokumen LKjIP

   
     

f.

f. Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja

 

A

1

 

Dokumen Laporan Kegiatan Tahunan

   
     

g.

g. Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja

 

YA

1

 

Dokumen peningkatan kapasitas SDM

   
     

h.

h. Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten

 

A

1

 

Dokumen akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten

   

 

V.

PENGUATAN PENGAWASAN

15,0

 

15,00

100,00%

 

 

 

 

 

1

Pengendalian Gratifikasi (3)

3,0

 

3,00

100,00%

 

 

 

     

a.

a. Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi

 

A

1

 

Dokumen public campaign tentang pengendalian gratifikasi

   
     

b.

b. Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan

 

A

1

 

Dokumen Pengendalian gratifikasi

   

 

 

2

Penerapan SPIP (3)

3,0

 

3,00

100,00%

 

 

 

     

a.

a. Telah dibangun lingkungan pengendalian

 

A

1

 

Dokumen Penerapan pengendalian SPIP

   
     

b.

b. Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan

 

A

1

 

Dokumen penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan

   
     

c.

c. Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi

 

A

1

 

Dokumen kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi

   
     

d.

d. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait

 

A

1

 

Dokumen SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait

   

 

 

3

Pengaduan Masyarakat (3)

3,0

 

3,00

100,00%

 

 

 

     

a.

a. Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan

 

A

1

 

Dokumen Kebijakan Pengaduan masyarakat

   
     

b.

b. Penanganan Pengaduan Masyarakat

 

J

1

 

Dokumen hasil penanganan pengaduan masyarakat

   
     

c.

c. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat

 

A

1

 

Dokumen monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat

   
     

d.

d. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti

 

A

1

 

Dokumen evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat

   

 

 

4

Whistle-Blowing System (3)

3,0

 

3,00

100,00%

 

 

 

     

a.

a. Apakah Whistle Blowing System sudah di internalisasi ?

 

YA

1

 

Dokumen Whistle Blowing System sudah di internalisasi

   
     

b.

b. Whistle Blowing Systemtelah diterapkan

 

A

1

 

Dokumen Whistle Blowing Systemtelah diterapkan

   
     

c.

c. Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System

 

A

1

 

Dokumen evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System

   
     

d.

d. Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti

 

A

1

 

Dokumen evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti

   

 

 

5

Penanganan Benturan Kepentingan (3)

3,0

 

3,00

100,00%

 

 

 

     

a.

a. Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama

 

A

1

 

Dokumen identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama

   
     

b.

b. Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi

 

A

1

 

Dokumen Penanganan Benturan Kepentingan

   
     

c.

c. Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan

 

A

1

 

Dokumen Penanganan Benturan Kepentingan

   
     

d.

d. Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan

 

A

1

 

Dokumen evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan

   
     

e.

e. Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti

 

A

1

 

Dokumen evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan

   

 

 

6

Penyampaian Laporan Harta Kekayaan pegawai

0

 

0,00

%

 

 

 

     

a.

a. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)

 

B

   

23

   
     

b.

b. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN)

 

B

   

13

   

 

VI.

PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

10,0

 

10,00

100,00%

 

 

 

 

 

1

Standar Pelayanan (3)

3,0

 

3,00

100,00%

 

 

 

     

a.

a. Terdapat kebijakan standar pelayanan

 

A

1

 

Dokumen kebijakan standar pelayanan

   
     

b.

b. Standar pelayanan telah dimaklumatkan

 

A

1

 

Dokumen Standar pelayanan telah dimaklumatkan

   
     

c.

c. Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan

 

A

1

 

Dokumen SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan

   
     

d.

d. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP

 

A

1

 

Dokumen reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP

   

 

 

2

Budaya Pelayanan Prima (4)

4,0

 

4,00

100,00%

 

 

 

     

a.

a. Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima

 

A

1

 

Dokumen sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima

   
     

b.

b. Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media

 

A

1

 

Dokumen Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media

   
     

c.

c. Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar

 

A

1

 

Dokumen sistem punishment(sanksi)/reward

   
     

d.

d. Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi

 

A

1

 

Dokumen sarana layanan terpadu/terintegrasi

   
     

e.

e. Terdapat inovasi pelayanan

 

A

1

 

Dokumen inovasi pelayanan

   

 

 

3

Penilaian Kepuasan Terhadap Pelayanan (3)

3,0

 

3,00

100,00%

 

 

 

     

a.

a. Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan

 

A

1

 

Dokumen survey kepuasan masyarakat

   
     

b.

b. Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka

 

A

1

 

Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka

   
     

c.

c. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat

 

A

1

 

Dokumen tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat

   

TOTAL PENGUNGKIT

60,00

 

59,66

99,43%

 

 

 

 

B.

HASIL (40)

40,0

 

32,92

82,30%

 

 

 

 

1

PEMERINTAH YANG BERSIH DAN BEBAS KKN (20)

20

 

19,92

99,60%

 

 

 

   

a.

Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal) (15)

15,0

3,98

14,92

99,50 %

Nilai Survey Persepsi Korupsi

   
   

b.

Persentase temuan hasil pemeriksaan (Internal dan eksternal) yang ditindaklanjuti (5)

5,0

100

5,00

100,00 %

Dokumen Tindak lanjut temuan hasil pemeriksaan (Internal dan eksternal)

   

 

2

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK(20)

20

 

13

65,00%

 

 

 

   

a.

Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal) (20)

20,0

2,6

13,00

65,00 %

Dokumen Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan

   

TOTAL HASIL

40,00

 

32,92

82,30%

 

 

 

 

Nilai Pembangunan ZI

100

 

92,58

92,58%

 

 

 

 

 

File Lembar Kerja Evaluasi (LKE) Zona Integritas (ZI)

-----------------------------------------------------------------------------------------------

DOWNLOAD

 

Yel-Yel PN Purworejo

Public Campaign Pengendalian Gratifikasi

Mengenal Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM